Kamis, 19 November 2009

Mengapa membangun komunitas sejahtera dan ramah lingkungan?


Komunitas merupakan habitat insan manusia di seluruh penjuru dunia. Jika habitat sosial itu rusak, atau hancur maka celakalah kita, dari lahir sampai mati akan terperangkap ke dalam keterasingan, egosentrisme, permusuhan, ketidaknyamanan, ketidaktenteraman, dan ketidakpedulian terhadap sesama warga. Habitat sosial itu harus dikembangkan para warganya agar menjadi suatu komunitas sejahtera bersama (welfare community). Komunitas seperti ini bisa menyatukan para warga yang berlainan latarbelakang agama, kelas, dan etnik karena mereka merupakan anggota dari keluarga besar yang saling bergantung, membutuhkan dan melindungi sehingga bekerjasama untuk mewujukan kehidupan bersama yang lebih baik. Warga akan berbagai suka dan duka tetapi tanpa kehilangan otonomi dan indentitas pribadinya. Welfare community itu akan terwujud dengan bervisi pada pada pengembangan modal sosial dan pelestarian lingkungan hidup para warga yang hidup dalam satu rukun tetangga, dusun,kampung, desa, kota. Pastikan bahwa komunitas kita mampu mandiri dam sejahtera bersama dengan cara mengembangkan kesalehan sosial, solidaritas sosial inklusif, kearifan budaya lokal, beradaptasi dengan menggunakan teknologi ramah lingkungan dan mengembangkan pertanian dan makanan-makanan organik. Kami mengajak semua pihak bergabung untuk mewujudkan komunitas humanistik seperti itu sebagai identitas kita di tengah gelombang semerbaknya globalisasi, dan modernisasi yang pasti memikat jagad pandang kita tetapi bisa menjerumuskan kita ke dalam ketidakberdayaan, kesengsaraan dan keterasingan dan keserakahan.

2 komentar:

  1. Suggeng sonten Pak Hud, pripun...postingannya kok belum ditambah lagi dengan tulisan-tulisan yang akan mengguncang dunia pertanian organik dan eco-community global.

    Saya selalu menantikan dan akan terus mengikuti kemajuan blog istimewa tersebut. Menurut saya blog tersebut sangat istimewa dan menarik, juga saya ramalkan akan menyita perhatian banyak pihak, terutama mereka yang memiliki pertahatian pada hal-hal yang berkaitan dengan ‘organic farming’ dan pengembangan komunitas yang terpinggirkan.

    Blog ini juga bisa dikatakan sebagai sebuah terobosan baru. Langkah strategis yang Pak Hud ambil ditengah semakin ditinggalkannya model diseminasi pengetahuan yang konvensional (cetak/printed), yang oleh banyak ahli lingkungan dianggap tidak efisien dan boros sumberdaya, serta selalu meninggalkan ‘jejak karbon’ yang merugikan lingkungan kita.

    Yang lebih penting lagi, blog tersebut juga akan memberikan sesuatu yang besar bagi kemajuan komunitas pinggiran yang selama ini selalu menjadi korban industrialisasi pertanian. Kewirausahaan bagi komunitas terpinggir, yang akan Pak Hud usung dan perkenalkan lewat jejaring maya tersebut saya yakin akan mendapat sambutan banyak pihak, terutama para aktivis sosial dan komunitas dampingannya yang selalu ingin segera bebas dari jebakan ketidakberdayaan akibat kurangnya pengetahuan alternatif dan terobosan-terobosan yang sesuai dengan kebutuhan mereka sekaligus bisa menjawab persoalan mereka.

    Saya yakin mereka (komunitas terpinggir) akan menyambut (tidak resisten) ide-ide Pak Hud tentang pengembangan komunitas yang berbasis pada potensi lokal di sekitar mereka, dengan titik tekan pada pemanfaatan alam tanpa merusaknya, dengan sentuhan pengetahuan baru dan metode alternatif yang bahkan akan memperbaharui sumberdaya tersebut, akan mengembalikannya seperti semula, harapannya, bahkan akan membuatnya lebih baik.

    Harapan kita, semoga kehadiran blog istimewa tersebut akan menjadi 'benchmark', penanda perubahan jaman, transformasi ke arah yang lebih baik. Juga senbagai bukti semakin berkembangnya kesadaran masyarakat akan kualitas hidup yang lebih civilized, better dan kelestarian lingkungan alam yang harus selalu dinomor-satukan demi kebahagiaan sejati kita dan anak-cucu kita kelak.

    BalasHapus
  2. Dereng, mas, saya sedang mendalami agama lewat film dokumentasi. mungkin bisa komunikasi dg tuhan lewat dunia film

    BalasHapus